Mengembangkan Bisnis

4 Lingkup Pemasaran Yang Wajib Diketahui Oleh UMKM



Sobiz, apakah kamu sudah melakukan kegiatan pemasaran untuk bisnis UMKM kamu? Pemasaran yang dimaksud disini adalah sebuah pemasaran yang berhasil melakukan penjualan ya, Sobiz. Jika kamu merasa belum membuat sebuah pemasaran yang efektif ada baiknya kamu mengetahui 4 lingkup pemasaran ini terlebih dahulu.

Branding

Branding atau pembuatan citra merek yang positif adalah sebuah hal penting saat melakukan pemasaran. Branding ini amat diperlukan untuk membangun persepsi atau image yang positif pada brand kamu.

Komunikasi

Komunikasi tidak hanya penting dalam sebuah hubungan percintaan lho, Sobiz tetapi dalam sebuah hubungan antara penjual dengan konsumen, komunikasi juga menjadi sebuah peran yang besar.

Dalam berkomunikasi sebagai penjual kamu perlu memberikan informasi dengan lengkap, jelas, dan cepat agar konsumen atau pembeli tidak kabur karena terlalu lama dalam mendapatkan informasi dan mereka tidak misleading.

Transaksi

Kenyamanan transaksi juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Konsumen atau pembeli lebih menyukai transaksi yang lebih transparan dan terpercaya ketika memutuskan untuk membeli sebuah produk. Oleh karena itulah, sebagai penjual kamu harus bisa menyediakan sebuah layanan transaksi yang mudah dan solutif untuk berbagai jenis transaksi.

Inovasi

Setiap bisnis yang ada pasti akan selalu mengikuti perkembangan. Penting bagi pelaku bisnis khususnya UMKM untuk selalu berinovasi dan memperbaiki kekurangan yang ada. Bijaklah dalam menerima kritik dan saran dari konsumen agar bisnis kamu selalu berkembang menjadi lebih baik.

Sobiz, teknik ataupun strategi pemasaran akan selalu berkembang. Ada baiknya kamu selalu mengikuti berbagai perkembangan agar bisnis kamu bisa sustain di masa mendatang.

 




Tags : Smartbisnis Tips Bisnis Pemasaran Marketing

Artikel terkait

Persiapkan 3 Jenis Modal Ini Sebelum Membuka Usaha

Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha Di Masa Pandemi


Contact Center : 1 500 250