Menjalankan Bisnis

5 Psikologi Marketing Untuk Mempengaruhi Keputusan Konsumen



Dalam memasarkan sebuah produk, strategi marketing bukanlah satu-satunya hal yang harus diperhatikan. Kamu juga harus bisa menerapkan psikologi marketing untuk mempelajari psikologi pelanggan saat memutuskan untuk membeli produk yang kamu tawarkan. 

Ada dua motif dasar yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, yaitu kecenderungan psikologis dan emosi. Hal-hal yang berkaitan dengan emosi konsumen meliputi harga, kemudahan, dan value.

Dengan mengetahui psikologi marketing kamu bisa mengetahui cara pendekatan terbaik kepada calon pelanggan agar mereka tertarik dan memutuskan pembelian. Ada lima cara menerapkan psikologi marketing pada bisnis, berikut informasi lengkapnya:

1. Membuat Iklan Yang Relevan Dengan Pelanggan

Saat kamu ingin membuat sebuah iklan untuk memasarkan produk, cobalah untuk menggunakan pendekatan yang lebih relevan dengan kondisi dan kebutuhan pelanggan. 

Secara psikologis, seseorang akan lebih tertarik pada informasi yang memberikan value yang sesuai dengan kebutuhannya saat sedang melakukan pencarian produk secara online.

2. Menimbulkan Emosional Calon Pembeli

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian calon pembeli adalah faktor emosional. Cara menimbulkan emosional calon pembeli untuk memutuskan pembelian produk adalah dengan memberikan informasi terkait apa saja yang bisa mereka dapatkan jika menggunakan produk tersebut.

3. Memberi Kesan Eksklusif

Memberikan kesan eksklusif pada produk merupakan salah satu teknik psikologi marketing yang umum digunakan. Berikan kesan bahwa produk yang kamu tawarkan adalah produk spesial atau produk yang memiliki arti khusus sehingga calon pembeli akan tergerak untuk melakukan pembelian dengan segera.

Teknik dari psikologi marketing ini juga biasa disebut dengan Fear of Missing Out (FOMO) yang dimana merupakan sebuah kondisi seseorang yang takut akan ketinggalan informasi, ketinggalan berita ter-update, dan sejenisnya.

4. Memberikan Kejutan

Saat membuat iklan, cobalah untuk memberikan informasi bahwa calon konsumen bisa mendapatkan bonus hadiah. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan.

5. Menambahkan Angka 9 di Belakang Harga Produk

Menambahkan angka 9 di belakang harga produk merupakan strategi yang sudah umum dilakukan. Teknik ini disebut juga dengan nama charm price. Strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan produk, baik secara fisik maupun digital.

 




Tags : Smartbisnis Psikologi Psikologi Marketing Marketing Bisnis Tips Bisnis

Artikel terkait

Investasi Bisnis Jangka Panjang, Penting Tau Digital Branding

Meningkatkan Omzet Bisnis Dengan Strategi Kemitraan


Contact Center : 1 500 250