Kita tidak bisa lepas dari sosial media, baik untuk sekedar berkomunikasi, berinteraksi, rekreasi, bekerja ataupun berjualan. Oleh sebab itulah, sosial media menjadi sarana yang efektif untuk melakukan promosi. Berikut 5 (lima) tips membuat konten promosi di sosial media.
1. Mengenal Target Audience
Sebelum masuk ke dalam pembuatan konten kreatif, pastikan kamu mengidentifikasi serta memahami siapa target audience yang kamu tuju terlebih dahulu. Dengan mengenal siapa target audience dari brand kamu, kamu dapat dengan mudah mengetahui jenis konten seperti apa yang akan kamu buat.
2. Menentukan Pola Konten
Ada banyak pola konten yang bisa kamu terapkan dalam pembuatan konten promosi. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan pola edukatif yaitu dengan memberikan informasi yang mengedukasi target audience kamu seperti konten tutorial dan tips. Atau, kamu juga bisa menggunakan pola yang lebih fun dengan memberikan cerita-cerita dari customer, dsb.
3. Menerapkan Konsep AIDA
AIDA (Attraction, Interest, Desire, dan Action) merupakan salah satu konsep marketing yang paling umum digunakan. Konsep AIDA ini bisa kamu ramu dengan baik untuk menghasilkan sebuah konten promosi yang menarik.
4. Menentukan Tujuan
Setiap brand memiliki tujuan promosinya masing-masing, ada yang melakukan promosi dengan tujuan awareness, peningkatan brand image, ataupun tujuan penjualan. Pastikan kamu mengetahui dan memahami tujuan dari brand kamu sendiri, ya, Sobiz.
5. Mengatur Penerbitan Konten
Setelah mengetahui konten seperti apa yang akan kamu buat, kamu juga harus memperhatikan waktu penerbitan (upload) konten. Cari tahu waktu terbaik untuk mengupload konten kamu dan lakukan secara konsisten.
Bagaimana Sobiz, apakah kamu sudah mengetahui cara-cara pembuatan konten promosi yang efektif? Yuk, mulai terapkan ke bisnis kamu agar bisnis kamu semakin mengudara!