Mengembangkan Bisnis

Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha Di Masa Pandemi



 

Di masa pandemic ini semua golongan masyarakat merasakan dampak perubahan, terutama para penggiat bisnis UMKM.

Virus Covid-19 mempersulit dan menghambat proses bisnis karena pekerjaan atau transaksi penjualan yang biasa dilakukan secara tatap muka harus terhenti dan pekerja bisnis harus terbiasa dengan peraturan-peraturan baru yang membutuhkan proses adaptasi yang tidak mudah.

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus jeli dalam melihat peluang yang ada agar bisnis kamu tetap subur.

Berikut ini beberapa cara untuk membuat bisnis kamu tetap bersemi di masa pandemi.

1. Atur Strategi

Di masa sulit seperti sekarang, masyarakat akan berfikir berkali-kali Ketika memutuskan untuk membeli sebuah produk.

Mengatur strategi bisnis dengan mengubah cara lama menjadi cara baru yang lebih efisien dan relevan dengan keadaan di masa pandemi seperti saat ini. Perluas pandangan kamu dengan memahami kebutuhan pasar yang ada.

2. Beralih ke Digital

Jika sebelum pandemi Covid-19 bisnis kamu hanya terfokus pada cara konvensional, sudah saatnya kamu untuk beranjak meningkat dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Saat ini, masyarakat lebih memilih untuk belanja dari rumah. Maka dari itu, e-commerce menjadi salah satu sarana yang dipilih oleh mereka untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya.

Mulai lah berjualan melalui platform digital seperti e-commerce dan sosial media untuk menjangkau target pasar yang baru yang masih relevan dengan produk yang kamu tawarkan.

3. Melakukan Promosi

Pada saat ini, sosial media memiliki peranan penting. Tidak hanya sebagai infotainment dan komunikasi, sosial media juga bisa kamu gunakan sebagai media promosi.

Maka dari itu, kamu harus mulai melakukan promosi di sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube untuk memasarkan produk kamu.

Promosi di sosial media bisa dilakukan secara organik atau non-organik (advertising).

Sobiz, yuk mulai pertimbangkan dan aplikasikan cara-cara di atas untuk mengembangkan bisnis kamu di masa sulit, masa pandemi Covid-19.

Untuk mendukung persiapan kamu dalam menghadapi perkembangan bisnis, yuk kunjungi smartbisnis.id sebagai solusi bisnis kamu.




Tags : smartbisnis bisnis umkm corona

Artikel terkait

Strategi Mengubah Hambatan Menjadi Harapan Dalam Berbisnis di Era Covid-19

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku


Contact Center : 1 500 250