Mengembangkan Bisnis

Benarkah Penggunaan Teknologi Dapat Meningkatkan Revenue UMKM



Pemerintah saat ini sedang menggalakan program-program yang ditunjukkan untuk membantu pertumbuhan sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

UMKM menjadi salah satu sektor yang dianggap sangat berpotensi dan berkontribusi secara positif bagi pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Saat ini, UMKM telah berkontribusi sebesar 60% terhadap PDB dan 97,02% terhadap penyerapan tenaga kerja.

Meskipun angka ini cukup tinggi, namun kinerja yang dilakukan oleh UMKM belum bisa dikatakan mencapai hasil yang maksimal.

Terdapat beberapa kendala dalam pengembangan bisnis UMKM di Indonesia mulai dari sistem permodalan, sistem distribusi, perizinan, pendataan, hingga pemasaran. Kelima kendala ini menjadi masalah yang cukup serius karena UMKM masih melakukan hal tersebut secara manual, alias tidak menggunakan teknologi.

Lalu, apakah ini menjadi permasalahan yang berarti? Apakah penggunaan teknologi dapat meningkatkan revenue UMKM?

Penggunaan teknologi secara tepat, benar, dan optimal tentu saja dapat memberikan beberapa manfaat bagi UMKM, tidak hanya memudahkan pebisnis secara instan, penggunaan teknologi juga dapat meningkatkan pendapatan UMKM.

Mengintegrasikan teknologi ke dalam bisnis UMKM mu dapat memberikan banyak manfaat. Berikut manfaat yang bisa dirasakan:

1. Efisiensi Waktu

Tidak dipungkiri ketika kamu menggunakan teknologi, kamu dapat mengefisiensikan waktu kamu daripada pada saat kamu melakukan pekerjaan secara manual.

Sebagai contoh, jika melakukan rekap bulanan secara manual mungkin bisa memakan waktu berhari-hari. Tetapi, dengan penggunaan teknologi, kamu hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja.

Penggunaan waktu yang lebih efisien ini bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan pekerjaan lain.

2. Menjangkau Target Penjualan Lebih Luas

Jika kamu biasanya hanya melakukan pemasaran secara offline, kamu perlu sesekali mencoba memanfaatkan teknologi dengan melakukan pemasaran secara online.

Kamu bisa melakukan pemasaran melalui blog, aplikasi messenger, atau sosial media untuk memasarkan produk atau service yang kamu tawarkan.

Dengan melakukan pemasaran secara online, kamu dapat menjangkau target audience yang lebih luas, sehingga kesempatan produk kamu terjual semakin besar.

3. Kemudahan Distribusi

Proses distribusi tidak akan kesulitan lagi karena saat ini teknologi memudahkan UMKM untuk mengirim atau menerima barang. Seperti yang kamu tahu, saat ini jasa antar barang sudah tersedia dengan mudah. Kamu bahkan bisa memesan sebuah jasa antar barang hanya dengan menggunakan Smartphonemu!

Bagi sebagian orang memang tidak mudah untuk berintegrasi dan beradaptasi ke sebuah lingkungan baru yaitu teknologi. Tetapi, dengan perlahan namun konsisten, penggunaan teknologi dapat membuahkan hasil yang manis bagi UMKM yang siap berkembang mengikuti perkembangan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa mengunjungi situs Smartbisnis https://smartbisnis.id/solusi-bisnis untuk mendapatkan solusi atas persoalan bisnis kamu.




Tags : Teknologi UMKM Bisnis Smartbisnis

Artikel terkait

Pentingnya Mengurus Perizinan Untuk UMKM

#Bisnis: Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Memulai, Ini Alasannya (Infografis)


Contact Center : 1 500 250