Menjalankan Bisnis

Ingin jadi Marketing Handal? Simak Tips Berikut





Dalam suatu perusahaan, posisi marketing memiliki peranan penting untuk mencari, mendapatkan, dan mempertahankan konsumen. Sebab jumlah konsumen yang dimiliki perusahaan dapat menentukan besarnya pemasukan. Perusahaan akan semakin berkembang bila pemasukan yang berhasil didapatkan dari konsumen juga meningkat.

Lantas, bagaimana caranya menjadi marketing yang handal? berikut tips sukses yang dapat mengantarkanmu menjadi marketing hebat sebagai berikut:

1. Kenali Target

Hal ini berkaitan dengan segmen pasar, sebelum memutuskan untuk menjual produk pastikan target marketmu berada di sasaran yang tepat, dengan menentukan kepada siapa kamu akan memasarkan produk.

2. Menguasai Product Knowledge

Agar konsumen yakin terhadap produk yang kamu jual, berikanlah informasi lengkap dan mendetail mengenai produk tersebut. Dengan mengetahui segala informasi tentang kelebihan produk dan jasa yang ditawarkan, otomatis konsumen akan percaya dan tertarik untuk membelinya.

3. Perluas Jaringan Bisnis dan Pertemanan

Memiliki jaringan bisnis yang luas akan memudahkanmu menjalani usaha. Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari jaringan bisnis yang kamu miliki, adalah peluang kerja sama di bidang permodalan, mempermudah melakukan pemasaran dan membantumu menyelesaikan masalah bila ada kendala dalam menjalankan bisnis. Selain itu semakin luasnya jaringan yang kamu miliki, peluang untuk menambah calon konsumen baru juga semakin besar.

4. Konsisten

Banyak marketing berhasil karena konsistenan mereka dalam menjalankan misi penjualannya guna mencapai target yang diinginkan.

5. Jangan Mudah Merasa Puas dengan pencapaian Awal

Penyakit banyak orang adalah cepat merasa puas dengan pencapaian awalnya. Jangan budayakan sikap seperti itu. Teruslah berusaha, karena semakin besar usahamu semakin besar juga kesuksesan yang akan dicapai. Kedepannya pasti akan ada kesulitan yang menghadangmu, oleh sebab itu jangan berhenti untuk berusaha, agar dapat mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dengan apa yang kamu raih saat ini.

6. Ciptakan Antusiasme

Kegiatan marketing memang memiliki tantangan yang cukup besar, seperti dikejar-kejar target dan mengalami penolakan dari konsumen. Itulah sebabnya tidak banyak orang dapat bertahan di profesi tersebut.

Namun seorang marketing sejati harus selalu optimis dan pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangatmu kepada calon konsumen menjadi magnet kuat yang dapat meyakinkan mereka untuk memilih produk atau jasa yang kamu jual.

7. Memperhatikan Respon Konsumen

Terkadang setiap konsumen memberikan respon yang berbeda-beda terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Bila pelanggan merasa puas cantumkan respon mereka sebagai bukti nyata untuk memperkuat keunggulan produk yang kamu tawarkan. Namun jika respon konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi untuk mencapai hasil yang lebih baik ke depannya.

8. Catat Masukan Dari Konsumen

Catatlah setiap masukan dari konsumen mengenai produk yang kamu jual, setelah itu simpan baik-baik dan jadikan referensi.



Tags : bisnis ukm artikel bisnis ide bisnis

Artikel terkait

Pertahankan Eksistensi Di Tengah Maraknya Digitalisasi

Daftar mysooltan Dapatkan Produk Digital FREE


Contact Center : 1 500 250