Rencana Bisnis

Kenali 5 Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner



Bisnis kuliner yang sudah mulai merambah ke dunia online, mempengaruhi masyarakat untuk mencari dan menemukan restoran secara online. Masyarakat memanfaatkan media online untuk menemukan restoran, mencari informasi restoran, membandingkan harga, membaca ulasan (review), atau bahkan melakukan pemesanan makanan secara online.

Di era online seperti ini, secara tidak langsung konsumen memiliki peranan yang sangat mudah baik dapat membantu kesuksesan restoran atau malah menjatuhkan kredibilitas restoran tersebut. Contohnya adalah pemberian ulasan (review) dari sebuah restoran.

Kondisi ini, mengharuskan kamu sebagai pemilik bisnis kuliner untuk memutar otak dalam membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran ini dibuat untuk membuat bisnis kamu tetap bertahan dan berkembang, seiringan dengan banyaknya permainan dan tingginya tingkat persaingan.

Berikut ini 5 strategi pemasaran bisnis kuliner yang bisa kamu terapkan.

1. Mendaftar Platform Pencarian Online

Terdapat banyak platform atau situs pencarian online khusus untuk restoran. Mulai dari platform atau situs yang digunakan untuk mencari dan menemukan restoran yang diinginkan, platform atau situs yang digunakan untuk mengumpulkan ulasan-ulasan tentang terkait, hingga platform yang digunakan untuk melakukan pemesanan dari restoran tersebut.

2. Menjangkau Pelanggan Dengan Memanfaatkan SEO

Jangkau calon pelanggan kamu secara lebih spesifik dengan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization). SEO menjadi salah satu strategi pemasaran yang kayak dipertimbangkan karena dengan SEO pelanggan bisa mendapatkan informasi mengenai restoran hanya dengan mengetikkan kata kunci yang sesuai.

Sebelum itu, pastikan bisnis restoran kamu telah memiliki situs web tersendiri dengan informasi yang lengkap, disertai dengan menu–menu yang terlihat jelas, dan telah terdaftar di Google My Business untuk membantu pencarian lokal.

  1. Mengelola Review Dengan Baik

Review (ulasan) terbagi atas dua yaitu review positif dan review negatif. Kedua review ini bisa saja terjadi terutama pada bisnis kuliner. 

Jika kamu mendapatkan review yang negatif, hadapilah dengan sopan dan cepat. Jadikanlah itu sebagai insights bagi bisnis kamu. Dan, jika kamu mendapatkan review yang positif, tetap berikan respon yang sopan dan cepat dan tingkatkan layanan kamu.

3. Efektif Menggunakan Sosial Media

Tentukan sosial media apa saja yang sesuai dengan bisnis dan target audience kamu. Kamu bisa menggunakan beberapa sosial media yang berbeda namun pastikan kamu menggunakan sosial media tersebut dengan fokus dan rajin untuk meng-update konten terkait bisnis kamu.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan pada sosial media untuk memasarkan bisnis kamu agar lebih dikenal oleh khalayak atau meningkatkan revenue.

4. Memanfaatkan Layanan Delivery

Sekarang ini tersebar banyak sekali aplikasi delivery atau pesan-antar. Dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi ini, bisnis kuliner kamu dapat sangat terbantu untuk meningkatkan awareness melalui platform tersebut atau bahkan meningkatkan pendapatan.




Tags : Smartbisnis Bisnis Kuliner Bisnis Kuliner Pemasaran Strategi Strategi Bisnis Tips Bisnis

Artikel terkait

Dampak Corona, Begini Tips Beralih Ke Bisnis Online

Tips Mengembangkan Bisnis Menjadi Franchise


Contact Center : 1 500 250