Mengembangkan Bisnis

Kenali Promosi Diskon dan Cara Menentukannya



Salah satu cara yang cukup ampuh untuk mempengaruhi keputusan pembelian adalah dengan promosi diskon. Sebelum mengetahui bagaimana cara menentukan promosi diskon. Ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu manfaat diskon untuk promosi usaha.

1. Mendapatkan Pelanggan Baru

Promo diskon bisa kamu manfaatkan untuk menarik pelanggan baru bagi bisnis kamu. Secara psikologis, jika dihadapkan dengan dua pilihan harga antara pembelian dengan harga normal atau harga diskon yang lebih murah, mereka pasti akan memilih pembelian dengan harga yang jauh lebih murah.

Namun, perlu diingat saat kamu memberikan promosi, jangan pernah menurunkan dan mengurangi kualitas karena dalam meningkatkan awareness kamu perlu memberikan yang terbaik.

2. Menjaga Loyalitas Pelanggan Lama

Penggunaan promosi diskon juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan lama. Menjaga loyalitas pelanggan merupakan hal yang penting bagi perusahaan untuk menjaga value perusahaan.

Pemberian diskon ini bisa menjadi sebuah bentuk apresiasi terhadap pelanggan setia karena sudah menggunakan produk atau jasa dari perusahaan anda dalam waktu yang lama.

3. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dalam pengadaan promosi diskon adalah untuk meningkatkan penjualan. Kamu bisa memanfaatkan sisi psikologis pelanggan dalam pemilihan harga yang jauh lebih murah untuk mempengaruhi mereka dalam penentuan keputusan pembelian. Jika strategi ini berhasil dilakukan, maka penjualan produk perusahaan dapat berhasil dan meningkat.

4. Menghabiskan Stok Barang

Diskon bisa digunakan untuk menghabiskan stok barang. Untuk menghabiskan produk tertentu yang masih banyak di gudang, kamu bisa memberikan diskon secara besar-besaran. Strategi ini cukup efektif, apalagi jika kamu menjual produk-produk yang relevan dengan pelanggan.

5. Membangun Reputasi Perusahaan

Tujuan dari pemberian diskon lainnya adalah untuk membangun reputasi perusahaan. Sebagai contoh, kamu bisa memberikan diskon di hari-hari tertentu seperti hari peringatan atau perayaan agar masyarakat dapat menilai bahwa kamu peduli dan aware dengan hari terkait.

Tetapi, dalam pemberian diskon tidak boleh asal, lho. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan terkait pemberian diskon seperti penentuan waktu hingga cara perhitungannya.

1. Memanfaatkan Momen Tertentu

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum mulai memberikan diskon adalah menentukan waktu yang paling tepat. Manfaatkan momen-momen tertentu seperti hari libur, hari raya, perayaan akhir tahun, dan lain-lain.

2. Pilihan Produk Diskon Yang Minim Peminat

Pilihlah produk yang minim peminat tetapi masih dibutuhkan oleh banyak orang dalam menentukan produk yang ingin diberikan promosi diskon. Lebih baik barang habis terjual dengan harga diskon, daripada produk menumpuk dan tidak terjual, bukan?




Tags : Smartbisnis Diskon Promosi Strategi Strategi Pemasaran Pemasaran Marketing

Artikel terkait

Meningkatkan Omzet Bisnis Dengan Strategi Kemitraan

4 Rekomendasi Tontonan Untuk Belajar Bisnis


Contact Center : 1 500 250