Peluang Bisnis

Kini QRIS Bisa Menjadi Transaksi Digital di 4 Negara ASEAN.




Warga negara Indonesia kini bisa bertransaksi jauh lebih mudah di 4 negara ASEAN dengan menggunakan QRIS. Negara apa saja yang sudah bisa menerima QRIS?

Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan QRIS antarnegara yang bisa digunakan di 4 negara ASEAN, yakni Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina. Peluncuran QRIS ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dan juga pariwisata untuk mendapatkan kemudahan.

Berikut beberapa negara di ASEAN yang sudah mulai bisa menggunakan QRIS sebagai transaksi pembayaran digital.


Thailand

Bank Indonesia dan Bank of Thailand (BoT) secara resmi telah bekerja sama untuk mengimplementasikan pembayaran berbasis QR code lintas negara (cross border QR code) antara Indonesia dengan Thailand.

Melalui ini, warga negara Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran yang tersedia di gadget masing-masing. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan Thai QR code atau QRIS saat melakukan transaksi di merchant negara masing-masing.


Singapura

Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) mulai menjajaki proses inisiasi untuk bekerja sama menggunakan pembayaran dengan basis QR code lintas negara. Kerja sama ini ditargetkan akan segera berjalan di tahun 2023.

Inisiatif ini akan segera dilakukan dengan kolaborasi perwakilan industri Indonesia dan Singapura yang berada di bawah arahan BI dan MAS, termasuk ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia), RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, Alto), dan NETS.


Malaysia

Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) melakukan perluasan kerja sama dengan meluncurkan uji coba interkoneksi pembayaran antarnegara berbasis QR code antara Indonesia dengan Malaysia.

Warga negara Indonesia dan Malaysia dapat melakukan pembayaran ritel dengan menggunakan QRIS sebagai QR code Indonesia atau DuitNow sebagai QR code Malaysia.


Filipina

Selain 3 negara yang dibahas di atas, Filipina juga berencana akan bekerja sama dengan Indonesia untuk mengaplikasikan penggunaan QR code lintas negara (QR code linkage payment)




Tags : bisnis smartbisnis mysooltan QRIS antarnegara QR Code

Artikel terkait

4 Rekomendasi Tontonan Untuk Belajar Bisnis

Strategi Menembus Pasar Ekspor Produk Tekstil


Contact Center : 1 500 250