Memulai Bisnis

Masuk Masa Resesi, Amankah Berbisnis



Ketakutan membangun bisnis di masa pandemi seperti saat ini bukanlah hal yang aneh. Di tengah kesulitan untuk tetap bertahan di situasi ekonomi yang tidak menentu membuat sebagian besar masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan berfikir secara lebih kreatif. Salah satunya adalah mulai membangun sebuah bisnis.

Namun, tidak semua orang memiliki keberanian untuk membangun sebuah bisnis di tengah pandemi. Takut akan kerugian, takut bisnis bangkrut lebih awal, takut usaha tidak laku dan segala macam menjadi momok yang menakutkan.

Ketakutan ini adalah hal yang wajar. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya jika kamu melihat secara lebih luas membangun bisnis di masa resesi tengah pandemi seperti ini bisa menguntungkan, lho. Kenapa ya?

Berikut tiga alasan kenapa membangun bisnis di masa resesi bisa menjadi hal yang menguntungkan.

1. Pelanggan lebih mudah didapat

Seperti yang kamu ketahui, new normal menjadi salah satu jargon yang muncul di tengah pandemi dengan harapan masyarakat luas mampu beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru.

Seiring dengan penerapan new normal ini, ada kemungkinan yang sangat besar bahwa calon pelanggan akan lebih terbuka untuk mencoba atau bahkan beralih ke hal-hal baru yang berbeda dengan kebiasaannya.

2. Ketersediaan akses SDM

Awal pandemi banyak orang yang mengalami lay-off atau pengurangan karyawan sebagai dampak dari memburuknya kinerja perusahaan-perusahaan. Karena alasan inilah, akses sumber daya manusia (SDM) yang tersedia bisa kamu gunakan untuk pengembangan bisnis kamu. Di sisi lain, kamu juga dapat membantu mereka yang terkena dampak ini, kan?

3. Maraknya Digitalisasi

Berkaitan dengan poin nomor satu, perubahan kebiasaan baru membuat masyarakat harus lebih aware dengan perkembangan digital.

Pandemi membuat proses digitalisasi semakin marak terjadi. Perubahan ini lah yang bisa kamu manfaatkan untuk menjangkau pelanggan secara lebih mudah, bahkan, kamu bisa menjangkau pelanggan yang mungkin tidak bisa kamu jangkau di masa normal.

Pandemi membuat digitalisasi semakin marak terjadi. Perubahan rutinitas dan gaya hidup masyarakat yang mulai beralih ke pasar digital membuat bisnis kamu lebih mudah untuk menjangkau pelanggan yang mungkin di masa normal tidak bisa kamu jangkau.

Itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus lebih percaya diri dalam membangun bisnis meskipun di masa pandemi seperti ini. Jangan lupa untuk tetap belajar, memahami keadaan, up-to-date, kreatif dan semangat ya, Sobiz!

 




Tags : smartbisnis tipsbisnis pandemi bisnispandemi tipsumkm mulaiberbisnis

Artikel terkait

5 Tips Membuat Konten Promosi Di Sosial Media Yang Efektif

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan PemKab Malang Melakukan Penandatanganan MoU Penyediaan Layanan Platform Agree Suite


Contact Center : 1 500 250