Mengembangkan Bisnis

Memikat Hati Pelanggan Dengan Giveaway



Siapa disini yang hobi ikutan giveaway di sosial media? Mengikuti giveaway di sosial media merupakan salah satu aktivitas yang seru, lho. Kamu bisa mendapatkan hadiah mulai dari uang tunai hingga barang elektronik hanya dengan melakukan follow, repost konten, like & comment, atau menjawab sebuah pertanyaan sederhana.

Tahukah kamu, ternyata strategi giveaway ini terbilang cukup ampuh untuk memikat hati pelanggan atau memasarkan produk kamu. Yuk kita cari tahu dulu arti dari giveaway, beberapa macam giveaway, serta keuntungan dari strategi ini.

Giveaway adalah sebuah kegiatan membagikan hadiah dengan syarat-syarat tertentu. Singkatnya, peserta giveaway bisa mendapatkan hadiah dengan memenuhi syarat yang telah ditetapkan sesuai tujuan giveaway itu sendiri.

Giveaway sendiri terbagi atas 2 (tipe) pelaksanaan sebagai berikut:

1. Self Giveaway

Self giveaway ini merupakan jenis giveaway yang dilakukan sendiri. Self-giveaway biasanya dilakukan oleh pebisnis yang sudah memiliki banyak massa. Pada giveaway ini juga kamu bebas menentukan syarat, ketentuan, dan hadiah.

2. Sponsor Giveaway

Jenis giveaway ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengadakan giveaway tapi tidak mau repot. Sponsor giveaway biasanya diadakan oleh pihak ketiga atau biasa disebut host.

Kamu cukup membayar jasa host untuk mengadakan giveaway di akun mereka masing-masing dan mereka akan membuat syarat dan ketentuan yang sesuai dengan tujuan atau goals bisnis kamu.

Biasanya, giveaway jenis ini dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan awareness atau engagements.

Lalu, sebenarnya apa saja sih keuntungan dari strategi giveaway ini?

1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu tujuan mengadakan giveaway adalah untuk meningkatkan brand awareness. Jika kamu sering mengadakan giveaway dan semakin banyak orang yang mengikuti, maka otomatis brand kamu akan semakin dikenal oleh orang lain.

2. Meningkatkan Engagement

Mengadakan giveaway juga bisa meningkatkan engagement atau hubungan antara kamu dengan pelanggan. Hubunganmu dengan pelanggan akan semakin erat, dan akan tercipta sebuah loyalitas yang baik.

3. Meningkatkan Leads

Keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan saat mengadakan giveaway adalah meningkatkan leads atau calon konsumen potensial. Konsumen yang meninggalkan informasi diri mereka seperti nomor telepon, sosial media, atau alamat email ini dapat kamu hubungi kembali untuk dijadikan prospect.

Nah, itu dia penjelasan mengenai strategi giveaway, jenis-jenisnya, serta keuntungan mengadakan giveaway di sosial media. Apakah kamu berani menerapkan strategi ini?




Tags : Smartbisnis Giveaway Bisnis BisnisOnline BrandAwareness BrandEngagement DigitalBranding Digital UMKM UMKMIndonesia OnlineShop Kuis

Artikel terkait

Persiapkan 3 Jenis Modal Ini Sebelum Membuka Usaha

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku


Contact Center : 1 500 250