Mengembangkan Bisnis

Meningkatkan Penjualan Dengan Content Marketing



Pengertian Content Marketing

Apakah kamu pernah mendengar istilah content marketing? Content marketing merupakan salah satu istilah dalam strategi pemasaran yang mengacu pada digital media. Dilansir dari Forbes, content marketing merupakan sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan juga konsisten untuk menarik perhatian para audiens yang dituju.

Kenapa Content Marketing Penting?

Di era teknologi dan sosial media seperti saat ini, content marketing menjadi salah satu tools yang cukup efektif untuk menjangkau target audiens secara lebih luas dengan cara yang lebih unik dan kreatif.

Content marketing mampu membuat awareness yang baik untuk brand kamu agar audiens sadar akan adanya produk yang kamu jual. Meningkatkan brand awareness sangat diperlukan di tahap awal pengembangan bisnis anda.

Setelah membangun awareness, content marketing dapat digunakan untuk membangun rasa kepo audiens agar mereka mau mencari informasi mengenai brand atau produk yang kamu jual.

Jika audiens telah mendapat informasi yang mereka butuhkan, tahap selanjutnya mereka akan mulai mempertimbangkan apakah mereka akan membeli produk kamu atau tidak. Di tahap ini, content marketing diperlukan untuk meyakinkan audiens mengenai keuntungan atau keunggulan dari produk yang anda jual.

Ketika audiens telah yakin dengan produk yang kamu jual, sampailah ke tahap terakhir yaitu tahap pembelian. Di tahap ini diharapkan audiens sudah melakukan pembelian produk kamu.

Content marketing sangat berperan dalam mencapai tahap pembelian. Bahkan, content marketing diharapkan dapat langsung membawa audiens ke tahap pembelian tanpa harus mencari informasi atau mempertimbangkan produk kamu terlebih dahulu. Disinilah kemampuan content marketing kamu harus dieksekusi dengan baik.

Jenis Content Marketing

Blog

Blog menjadi salah satu media content marketing yang krusial karena dengan menggunakan blog kamu dapat menyampaikan informasi mengenai produk yang kamu jual dalam satu artikel secara jelas dan lengkap.

Social Media

Social media juga termasuk ke dalam sebuah content marketing. Di social media kamu bisa memberikan informasi kepada audiens secara lebih singkat namun tetap menarik dan informatif. Melalui sosial media kamu juga dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Social media memiliki cakupan tersendiri yang lebih luas. Oleh karena itu secara khusus, social media masuk ke dalam cabang social media marketing.

Video

Anda dapat membuat sebuah video yang berisikan informasi mengenai produk yang anda jual. Video dinilai cukup efektif karena kamu bisa menempatkan video tersebut ke situs Youtube. Youtube sendiri masih menjadi salah satu sosial media favorite hingga saat ini.

Email

Email termasuk ke dalam salah satu content marketing yang populer. Melalui email kamu bisa mengirimkan blasting kepada target audiens secara lebih mudah. Email biasanya digunakan untuk media promosi, reminder, dan newsletter.




Tags : content marketing marketing content digital digital marketing smartbisnis tips bisnis

Artikel terkait

Tips Memilih Paket Internet Murah dan Cepat untuk UMKM dan Startup

Bisnis Laundry Kiloan Untung Jutaan


Contact Center : 1 500 250