Memulai Bisnis

Persiapkan 3 Jenis Modal Ini Sebelum Membuka Usaha



Dalam berbisnis salah satu hal yang paling sulit adalah mempersiapkan modal, benar ngga? Membuka bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bahkan, ketika sudah memiliki modal kamu juga perlu memperhatikan pembagian-pembagian modal tersebut sesuai kebutuhannya.

Sebelum membuka usaha sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu 3 jenis modal ini agar modal kamu terdistribusi dengan baik.

1. Modal Investasi Awal

Modal ini adalah jenis modal yang perlu kamu persiapkan di awal pembukaan usaha. Modal investasi awal ini meliputi hal-hal yang dibutuhkan untuk mendukung mobilitas usaha kamu.

Sebagai contoh, jika kamu memulai bisnis restoran kamu perlu mempersiapkan tempat, showcase, kulkas, meja dan kursi, mesin kasir, pendingin ruangan, dan lain sebagainya.

2. Modal Kerja

Modal jenis ini berbeda dengan modal investasi awal. Modal kerja harus dikeluarkan oleh pebisnis setiap bulannya untuk menunjang aktivitas bisnis.

Hal-hal yang berkaitan dengan modal kerja adalah modal untuk pembuatan bahan baku atau penyediaan barang yang dijual.

Sebagai contoh, jika kamu ingin mulai berbisnis restoran ayam goreng kamu perlu mempersiapkan modal untuk pembelian bahan-bahan bakunya seperti pembelian ayamnya, pembelian bumbu-bumbunya, pembelian sausnya, dan lain sebagainya.

3. Modal Operasional

Modal operasional merupakan modal yang dipersiapkan untuk berjalannya kegiatan operasional bisnis. Hal-hal tersebut mencakup pembayaran listrik, pembayaran air, pembayaran gaji pegawai, pembayaran internet, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui berbagai jenis modal-modal ini ada baiknya kamu untuk mulai memetakan modal bisnis kamu agar kamu berbisnis untung bukan buntung.




Tags : Smartbisnis Modal Bisnis Bisnis Online Investasi

Artikel terkait

Bisnis Laundry Kiloan Untung Jutaan

Ide Bisnis yang Melejit di Tahun 2021


Contact Center : 1 500 250