Mengembangkan Bisnis

Pertahankan Eksistensi Di Tengah Maraknya Digitalisasi



Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dari tahun 2020 membuat masyarakat kehilangan sumber rezekinya, kehilangan pekerjaan, dan lain sebagainya. Tidak terkecuali pelaku UMKM. Kehilangan sumber mata pencaharian membuat mereka memutar otak untuk bekerja atau berusaha dengan lebih kreatif.

Oleh karena itu, program digitalisasi bagi pelaku UMKM terus dilakukan untuk mendukung keberlangsungan usaha. Namun, tidak hayal, ada beberapa UMKM yang masih belum memulai program digitalisasi. Minim informasi, ketidakpercayaan, atau minim edukasi menjadi beberapa penyebabnya.

Lantas, bagaimana cara pelaku UMKM yang masih baru melakukan digitalisasi untuk mempertahankan eksistensinya?

1. Pelanggan Menjadi Prioritas

Banyaknya persaingan baik secara online atau offline mengharuskan kamu untuk memperhatikan atau memprioritaskan konsumen. Keluhan, pertanyaan, dan masukan dari konsumen harus selalu kamu dengar dan tanggapi dengan cepat.

2. Aktif Melakukan Promosi

Promosi adalah salah satu kegiatan marketing yang paling umum dan mudah dalam mendapatkan konsumen. Kamu bisa melakukan promosi untuk mempertahankan eksistensi usaha kamu. Dan, mungkin saja kamu bisa mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

3. Tampilkan Informasi Produk Yang Lengkap

Di e-commerce, ada banyak penjual yang menjual produk yang sama dengan kamu. Oleh karena itu, kamu perlu membangun sebuah kepercayaan terhadap konsumen agar mereka tertarik dan mau membeli.

Pastikan kamu menampilkan informasi selengkap-lengkapnya seperti foto produk, penjelasan produk, harga, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya.

Itulah dia, cara-cara untuk mempertahankan eksistensi usaha kamu ditengah maraknya digitalisasi. Apakah kamu sudah memulai melakukan cara-cara di atas?




Tags : Smartbisnis Internet Sooltan UMKM Bisnis Go Digital UMKM Digital

Artikel terkait

Tips Memulai Bisnis Kuliner Di Masa Pandemi

Lebaran Telah Usai, 5 Peluang Usaha Ini Mendadak Langsung Ramai Dan Laku


Contact Center : 1 500 250