Rencana Bisnis

Prinsip 6M Dalam Berwirausaha Yang Harus Dipahami



 

Berbisnis atau berwirausaha menjadi salah satu sumber penghasilan yang masih menarik bagi sebagian besar masyarakat. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, semua orang mencoba peruntungannya dalam dunia bisnis dan wirausaha.

Sebelum kamu mulai memutuskan untuk berwirausaha, kamu harus memahami dan mempersiapkan prinsip 6M terlebih dahulu.

1. Money

Money/Uang atau dalam hal ini adalah modal adalah hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum memulai berwirausaha. Tanpa adanya anggaran uang yang cukup, maka kegiatan usaha bisa tersendat dan proses manajemen bisnis tidak berjalan dengan maksimal.

2. Man

Man atau sumber daya manusia diperlukan untuk menjalankan manajemen usaha dengan baik. Tetapi, harus dipastikan bahwa sumber daya manusia yang digunakan dalam sebuah bisnis harus mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing.

3. Machine

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum memulai berwirausaha adalah mesin. Mesin sangat penting untuk mempermudah pekerjaan dan menghemat waktu produksi. Seiring dengan perkembangan teknologi, ada banyak pilihan mesin yang lebih modern, sederhana, dan efisien.

Dengan menggunakan bantuan mesin, resiko kesalahan juga akan semakin lebih kecil, hasil produksi akan lebih rapi dan lebih detail.

4. Material

Suatu produk membutuhkan material atau bahan baku produksi. Kualitas dari bahan baku ini pun harus diperhatikan agar menghasilkan produk yang berkualitas pula. Produk yang memiliki kualitas produk yang buruk, tidak mempunyai nilai jual yang bagus dan hal ini bisa menimbulkan kerugian bisnis.

5. Market

Salah satu prinsip 6M lainnya yang harus diperhatikan adalah market atau pasar. Target pasar harus ditentukan untuk membantu proses pengembangan usaha. 

Selain itu, persaingan yang semakin ketat juga mengharuskan pebisnis untuk mempunyai strategi pemasaran yang baik guna mempertahankan target dan segmentasi pasar yang dituju.

6. Methods

Methods atau metode merupakan standar prosedur yang ada di dalam perusahaan. Dalam pembuatan metode banyak hal yang harus dipertimbangkan agar tepat dan fokus. Hal tersebut mencakup tujuan usaha yang ingin dicapai, anggaran biaya, sumber daya manusia, dan waktu produksi.

Setelah memahami dan mempersiapkan prinsip 6M di atas sebelum berwirausaha, kamu sudah siap untuk memulai bisnis atau wirausaha dan besar kemungkinan usaha yang kamu rintis akan berjalan dengan lancar.




Tags : Smartbisnis Wirausaha Bisnis Berbisnis Berwirausaha Entrepreneur Tips Bisnis

Artikel terkait

Meningkatkan Penjualan Dengan Content Marketing

4 Tips Copywriting Agar Bisnis Cepat Closing


Contact Center : 1 500 250