Mengembangkan Bisnis

Strategi Menembus Pasar Ekspor Produk Tekstil



Produk tekstil merupakan salah satu produk yang paling banyak diminati oleh pelaku UMKM di Indonesia. Produk tekstil menjadi primadona UMKM karena sifatnya yang primer dan luasnya kreativitas yang bisa diterapkan pada produk ini.

Sekarang ini, produk-produk tekstil banyak diamati oleh generasi milenial yang masih terupdate dengan tren yang sedang berjalan. Namun, perkembangan bisnis produk tekstil Indonesia perlu dikembangkan lagi untuk bisa menembus pasar ekspor.

Lantas, bagaimana mengoptimalkan potensi industri tekstil di Indonesia agar mampu membahas pasar ekspor?

Berfokus pada Pemasaran Fashion

Pelaku UMKM harus memiliki segmen pasar yang tepat dan keunggulan yang kuat. Saat menjual produk tekstil, yang perlu dijual bukan sekedar produk pakaian tetapi juga fashion harus diandalkan.

Karakteristik desain yang unik namun tetap bersifat universal dapat diterima di pasar global. Media online juga memiliki peranan penting di era digital untuk keberhasilan fashion.

Prospek Busana Muslim

Peningkatan besar pada produk busana muslim juga meningkatkan peluang besar akan keberhasilan pasar ekspor. Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia dapat menjadi pusat fashion muslim.

Sudah banyak desainer fashion muslim di Indonesia yang tampil di kancah Internasional seperti New York Fashion Week dan International Fair of Muslim World. Potensi ini harus dimanfaatkan oleh pengusaha tekstil, pakaian, atau pengusaha fashion di Indonesia.

Prospek Batik

UNESCO telah menetapkan bahwa batik merupakan warisan budaya milik Indonesia. Hal ini menjadi peluang besar bagi pelaku bisnis fashion di Indonesia untuk memberikan inovasi pada produk batik dan memasarkannya di pasar global.

Prospek produk batik yang besar harus diiringi dengan edukasi yang masif kepada konsumen secara global agar pemasaran produk fashion batik dapat mencapai kesuksesan.

Ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk menembus pasar ekspor produk tekstil, diantaranya adalah:

  1. Buatlah target konsumen dengan segmentasi secara spesifik. Standar kualitas yang tinggi serta desain yang unik merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

  2. Bekerja sama dengan importir/pembeli khusus yang menjual produk premium. Selalu pastikan bahwa produk yang kamu beli telah memenuhi standar yang dibutuhkan. Jangan lupa pula untuk selalu bertanya akan transparansi harga dan prinsip sustainability.

  3. Rajin-rajinlah mengikuti acara internasional seperti acara festival atau pameran. Informasi mengenai acara-acara ini dapat kamu ketahui dari forum organizer atau forum fashion.

  4. Aktif bergabung ke dalam asosiasi usaha fashion dan tekstil, baik lokal maupun internasional. Kamu bisa mendapatkan networking dan insights menarik terkait tren fashion dunia.

  5. Informasi detail produk terkait keunggulan-keunggulan dari produk pakaian yang kamu tawarkan. Informasi keunggulan ini meliputi sertifikat produk dan pemenuhan standar pabrik terkait isu lingkungan dan sosial. Informasi seperti ini wajib dicantumkan di berbagai media seperti kemasan, company profile, website, dan sosial media.

  6. Mengoptimalkan online marketing untuk mendapatkan calon pembeli atau importir. Website dan sosial media kamu harus memiliki performa SEO yang baik dengan informasi yang lengkap dan detail agar calon pembeli atau importir dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.




Tags : Smartbisnis Tekstil Textile Bisnis Tekstil Bisnis Fashion Fashion UMKM UMKM Indonesia

Artikel terkait

Tips dan Trik Mengambil Foto Produk Apik Untuk Bisnis Online

Skill-Skill yang Harus Dimiliki oleh Pelaku UMKM


Contact Center : 1 500 250