Mengembangkan Bisnis

Strategi Tembus Pasar Kopi



Saat ini, kopi tidak hanya menjadi minuman biasa. Kopi mulai menjadi lifestyle bagi sebagian masyarakat, mengingat pertumbuhan kopi di Indonesia yang cukup signifikan. Hal ini ditambah dengan ragam jenis kopi yang sungguh kaya di Indonesia. Kopi Gayo, Toraja, Flores, dll menjadikan Indonesia sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia.

Oleh karena itulah, pengusaha kopi di Indonesia harus lebih mengenal strategi-strategi apa saja yang dibutuhkan untuk menembus pasar kopi. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk menembus pasar kopi tidak hanya di Indonesia tetapi di luar negeri.

1. Spesifik Target

Menargetkan secara spesifik segmen konsumen kopi yang akan dituju. Dengan mengetahui target yang ingin kamu capai, kamu bisa menentukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan saat memasuki pasar kopi.

2. Lakukan Kerjasama

Mencari importir kopi berkualitas terbaik yang juga menawarkan transparansi harga dan terbuka dengan ketersediaan kopi yang ada.

3. Berpartisipasi di Festival Kopi

Agar bisnis kopi kamu semakin dikenal oleh khalayak luas, ada baiknya jika kamu rutin ikut berpartisipasi dalam acara festival-festival kopi seperti World of Coffee. Kamu juga bisa mengikuti acara pameran dagang yang dikhususkan bagi produk kopi seperti COTECA.

4. Memberikan Informasi Detail

Berikan informasi yang detail mengenai produk kopi yang kamu tawarkan. Informasi ini bisa berupa jenis, grade, karakteristik, serta asal dari kopi tersebut. Kamu juga bisa memberikan informasi tambahan berupa keunggulan-keunggulan dari produk kamu seperti sertifikasi kualitas.

Cantumkan informasi ini ke dalam company profile, sosial media, informasi di bagian kemasan, dan lain-lain.

5. Mengoptimalkan Digital Marketing

Optimalisasi kegiatan digital marketing untuk keberlangsungan bisnis merupakan hal yang cukup krusial di era ini. Buatlah sosial media atau website untuk mulai memasarkan produk kopi yang kamu jual. Optimalkan performansi digital marketing agar calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk kamu.




Tags : Smartbisnis Kopi Bisnis Kopi Usaha Kopi Industri Kopi Tips Bisnis Strategi Bisnis Bisnis

Artikel terkait

Success Story: Brand Fashion Lokal Gaet 2 Rekor Muri di Tengah Pandem

Tips Membuat Suasana Kantor Menjadi Nyaman Dan Produktif


Contact Center : 1 500 250