Mengembangkan Bisnis

Tips Memanfaatkan Ekonomi Digital



Perkembangan ekonomi digital di Indonesia saat ini semakin maju dan canggih. Ekonomi digital dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi semakin mudah. Dalam dunia bisnis, kemudahan mengakses ekonomi digital dapat memberikan banyak manfaat dan peluang.

Sebelum mengetahui tips memanfaatkan ekonomi digital, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ekonomi digital.

Ekonomi digital adalah seluruh aktivitas ekonomi yang memanfaatkan AI (Artificial Intelligent) atau kecerdasan buatan dan internet. Ekonomi digital menggeser kebiasaan dan aktivitas masyarakat dari hal-hal yang bersifat manual ke sistem yang lebih otomatis.

Ada banyak bukti pergeseran aktivitas ekonomi dalam berbagai bidang, misalnya di bidang kesehatan, transportasi, bisnis, perbankan, dan masih banyak lagi.

Bagi pelaku bisnis UMKM pun, fenomena ekonomi digital ini sangat membantu bisnis mereka. Menurut Mandiri Institute, 9% UMKM yang telah Go-Online mengalami kenaikan omzet. Sedangkan, untuk pelaku UMKM yang masih belum Go-Online hanya mengalami kenaikan omzet sebesar 4%.

Untuk itu bagi pelaku bisnis UMKM pemanfaatan ekonomi digital ini harus selalu dilakukan agar bisnis dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan. Simak beberapa tips memanfaatkan ekonomi digital agar kamu semakin siap Go-Online.

1. Menggunakan Marketplace atau Website

Mulailah membuka lapak dagangan kamu ke marketplace yang tersedia di Indonesia. Pembuatan marketplace yang gratis membuat persaingan dagang yang ketat. Oleh karena itu, jika kamu ingin eksklusifitas kamu bisa membuat website toko online kamu sendiri agar kamu tidak memiliki kompetitor di satu platform yang sama.

2. Pemasaran di Sosial Media

Keberhasilan ekonomi digital tidak luput dari peran sosial media yang besar dalam mempromosikan produk bisnis. Kecenderungan masyarakat yang gemar bermain sosial media bisa menjadi salah satu peluang kamu untuk mulai memperkenalkan produk kamu mulai dari fitur-fitur, keuntungan, serta cara beli.

3. Gunakan Aplikasi Pendukung

Sekarang ini, banyak aplikasi pendukung penjualan yang bisa kamu manfaatkan untuk mempermudah aktivitas jualan kamu. Aplikasi-aplikasi ini berupa aplikasi kasir online, aplikasi pembayaran online, aplikasi POS, aplikasi manajemen toko, dan lain sebagainya.

Ekonomi digital yang terus berkembang menjadi bagian dari aktivitas masyarakat tidak perlu kamu hindari atau kamu takuti. Pemanfaatan ekonomi digital dapat berlangsung dengan baik dan memberikan efek yang positif ke bisnis kamu.

Maka dari itu, yuk ikuti tips-tips memanfaatkan ekonomi digital diatas dan mulai berlangganan MySooltan untuk mempermudah bisnis UMKM kamu untuk Go-Online dan mendapatkan omzet yang lebih menguntungkan.




Tags : Smartbisnis Ekonomi Digital Bisnis Berbisnis Tips

Artikel terkait

Pentingnya Sistem Kasir Dalam Berbisnis

Ingin jadi Marketing Handal? Simak Tips Berikut


Contact Center : 1 500 250