Peluang Bisnis

Tips Memilih Paket Internet Murah dan Cepat untuk UMKM dan Startup



Saat ini kegiatan sehari-hari manusia tidak lepas dari penggunaan internet. Dengan adanya jaringan internet segala hal dilakukan dengan cara online. Tanpa kita sadari pengaruh internet saat ini semakin masif dari tahun ke tahun sehingga pengguna internet di seluruh dunia semakin meningkat.

Internet juga sangat dibutuhkan untuk bisnis karena sangat membantu dalam transaksi bisnis seperti promosi, pemasaran, berkomunikasi dengan pelanggan dan berbagai hal. Seiring perkembangan zaman, bukan hanya perusahaan berskala besar saja yang membutuhkan koneksi internet. Para pelaku usaha mikro kecil menengah pun sudah harus memanfaatkan jaringan internet.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) sebanyak 3,79 juta UMKM sudah menjalankan bisnis berbasis online. Jumlah tersebut berkisar 8 persen dari total UMKM yang ada di Indonesia yang mencapai 59,2 juta.

Internet Sebagai Penunjang Usaha Kecil Menengah yang Berkembang

Mengapa UMKM dapat dengan mudah berkembang? salah satunya adalah karena mampu mengikuti perkembangan zaman khususnya di bidang teknologi dan informasi. Saat ini sudah banyak sekali platform-platfom digital yang dapat mempermudah aktivitas oprasional bisnis UMKM, contoh saja marketplace online.

Seiring pesatnya perkembangan digital, tidak heran jika kebutuhan akan koneksi internet sangat diperlukan, tidak terkecuali bagi pelaku UMKM. Perlu Anda ketahui, internet saat ini sudah menjadi kebutuan primer bagi manusia. Maka dari itu,  semakin hari kualitas internet semakin ditingkatkan.

Selain pengguna personal, peningkatan kualitas internet pun menguntungkan bagi para pengusaha baik perusahaan besar maupun para pengusaha kecil dan menengah. Karena dapat memudahkan aktivitas oprasional perusahaan yang membutuhkan internet, seperti mengirim dokumen, promosi, dan lainnya.

Nah, untuk Anda pelaku UMKM yang sedang mencari provider apa yang menawarkan paket internet murah yang cocok untuk bisnis, pertimbangkan 4 hal berikut.

  • Pilih Kecepatan Internet Berdasarkan Kebutuhan

Tiap provider memiliki beragam paket internet dan harga yang berbeda-beda. Sebelum memilihnya sebaiknya kita bisa memperkirakan besar bandwidth yang dibutuhkan. Mencari estimasi angka bandwidth yang tepat, baiknya list terlebih dahulu apa saja aktivitas yang rutin dilakukan oleh Anda dan karyawan. Jumlahkan angka bandwidth yang dibutuhkan setiap aktivitas tersebut dan kalikan totalnya dengan jumlah anggota tim.

  • Berapa User/Server yang Menggunakan Internet

Pengguna internet atau user yang terlalu banyak akan menyebabkan kualitas jaringan internet semakin melambat. Dengan demikian pembatasan jumlah pengguna tentu sangat membantu agar koneksi internet tetap lancar. Idealnya Anda harus menghitung jumlah user/server dengan bandwidth agar internet tetap optimal.

Cara yang tepat untuk menentukan bandwidth adalah menentukan seberapa besar yang benar-benar dibutuhkan bukan seberapa besar bandwidth yang bisa digunakan. Untuk usaha skala kecil dengan karyawan yang masih sedikit, jadi pilih lah bandwidth yang tidak terlalu besar.

  • Luas Jangkauan Internet

Saat ini banyak provider yang menyediakan paket dengan berbagai keuntungan. Satu hal yang perlu diperhatikan jika memilih paket internet adalah jangkauan dari provider tersebut. Untuk menentukannya, Anda bisa melakukan survey ke beberapa tempat usaha di sekitar tempat tinggal Anda sebelum memilih provider yang tepat. Survey ini sangat penting untuk mengetahui provider apa yang paling tepat Anda gunakan dan bagaimana koneksinya.

  • Bandingkan harganya

Setelah Anda mengetahui dan menentukan bandwidth yang cocok, selanjutnya penentuan harga sangatlah penting. Anda harus memasukan anggaran biaya untuk internet, karena internet sudah menjadi kebutuhan primer perusahaan. Beberapa provider memberikan harga yang terjangkau pilihlah provider yang sudah terpercaya dan harga kompetitif.

  • Layanan customer care

Selain itu Anda juga harus memilih provider yang menyediakan customer care 24 jam. Kita tentu tidak menginginkan dalam penggunaan internet terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun tidak menutup kemungkinan akan terjadi gangguan yang disebabkan karena gangguan cuaca, atau terjadi kerusakan dan lain-lain. Untuk itu, pilihlah provider yang menyediakan layanan customer care 24 jam untuk membantu mengatasi masalah kapanpun terkena gangguan.

High Speed Internet (HIS) Menjawab Kebutuhan Internet UMKM

Saat ini tidak banyak provider yang menyediakan layanan paket internet murah dengan benefit yang menguntungkan pelanggan. Biasanya harga yang ditawarkan terlalu tinggi atau dengan harga murah tetapi layanan yang ditawarkan kurang memuaskan. Untuk menjawab kebutuhan internet bagi pelaku usaha kecil menengah (UMKM) Anda bisa memilih High Speed Internet (HSI).

Home Internet atau High Speed Internet (HSI) merupakan layanan internet broadband dari Telkom untuk pelanggan perumahan atau personal yang membutuhkan akses internet standard dengan harga yang kompetitif. Layanan High Speed Internet (HSI) bersifat asimetrik untuk bandwidth upstream dan downstream.




Tags : hsi

Artikel terkait

Ragu Berinvestasi Saham? Berikut Langkah Awal Yang Perlu Dilakukan

4 Lingkup Pemasaran Yang Wajib Diketahui Oleh UMKM


Contact Center : 1 500 250