Rencana Bisnis

Tips Memulai Bisnis Frozen Food



Semenjak munculnya Covid-19 pemberlakuan aturan PSBB dan PPKM membuat kebiasaan masyarakat menjadi beralih, masyarakat menginginkan hal yang lebih mudah dan instan termasuk pemilihan makanan.

Permintaan terhadap makanan beku (frozen food) semakin meningkat terutama sebagai stok makanan selama pandemi. Hal inilah yang juga memicu pertumbuhan bisnis frozen food.

Bisnis frozen food bisa dilakukan dengan skala rumahan karena sifatnya yang mudah dan praktis. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari bisnis ini. Apa saja? Simak tips memulai bisnis frozen food berikut.

1. Melakukan Riset

Memulai bisnis apapun membutuhkan riset terlebih dahulu. Untuk bisnis frozen food, kamu perlu memikirkan dengan matang jenis frozen food apa yang akan kamu jual. Setelah itu, barulah kamu dapat mengetahui target pelanggan, kemampuan produksi, bahan baku, dan jumlah modal yang dibutuhkan.

2. Metode Pengemasan

Pengemasan produk frozen food merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan karena pengemasan yang baik akan mendukung kualitas produk. 

Gunakanlah plastik pembungkus khusus untuk frozen food yang tidak memiliki pori untuk menjaga ketahanan dari produk kamu. Frozen food juga perlu melalui proses vakum untuk mengeliminasi udara di dalam pembungkus tersebut.

3. Teknik Penyimpanan

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya dalam bisnis frozen food adalah teknik penyimpanan. Pastikan suhu penyimpanan tetap konsisten pada mesin pendingin yang kamu gunakan, yaitu tidak lebih dari 18 derajat celcius.

4. Memiliki Izin Edar Resmi

Ketika berbisnis makanan kamu harus mengikuti regulasi untuk menjamin bahwa produk yang akan jual telah aman. Pastikan kamu telah memiliki izin edar resmi untuk produk frozen food kamu. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

5. Berjualan Secara Online

Selain dapat meningkatkan penjualan produk, berjualan melalui platform online juga dapat menjangkau lebih banyak target calon pembeli. Mulailah aktif di sosial media atau memanfaatkan aplikasi e-commerce dan layanan pesan antar online.




Tags : Smartbisnis Frozen food Makanan beku Bisnis UMKM UMKM Indonesia Bisnis Makanan Bisnis Kuliner

Artikel terkait

5 Manfaat Penting Aplikasi Kasir Bagi UMKM

Bisnis Makin Melejit dengan Promo Spektakuler Wifi Station


Contact Center : 1 500 250