Mengembangkan Bisnis

Tips Menerima Kritik dan Saran Dari Pelanggan



Ada kalanya dalam berbisnis, kamu akan menerima berbagai kritikan atau saran dari pelanggan. Hal ini sangatlah wajar untuk meningkatkan kualitas dan service dari bisnismu.

Jika kamu adalah seorang pebisnis, kritik dan saran adalah hal umum yang mungkin akan kamu temui. Kedua hal ini tidak bisa kamu hindari begitu saja. Perlu ada sebuah upaya yang baik dalam menerima kritik serta saran dari pelanggan.

Menerima kritik dan saran yang membangun bisa membantu kamu dalam mengembangkan bisnis. Terkadang, kita membutuhkan masukan dari sudut pandang lain untuk mengoptimalkan strategi bisnis kita kedepannya.

Tidak semua orang dapat menerima kritik dan saran dari orang lain. Tetapi, tanpa disadari, kritik dan saran dapat mendatangkan banyak manfaat. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan.

#1 Bisnis Naik Kelas

Tidak semua pelaku bisnis memiliki waktu untuk melakukan refleksi dan evaluasi. Akhirnya, kita ketinggalan untuk mengetahui sudah sampai mana bisnis yang sedang dijalankan serta apa saja yang perlu kita tingkatkan.

Dengan adanya feedback dari pelanggan, kamu akan sangat terbantu untuk mempunyai penilaian secara objektif terhadap bisnismu sendiri. Kamu juga bisa melakukan pengembangan dan melakukan beberapa perbaikan yang tidak kamu sadari.

#2 Pemantik Semangat

Kritik dan saran bisa menjadi pemantik semangat jika kamu melihatnya dari sisi yang positif. Masukan-masukan yang kamu terima dapat membuat bisnis kamu menjadi semakin kuat. Tetapi, ini semua juga tergantung bagaimana cara kamu menanggapinya.

#3 Bentuk Dukungan

Kritik dan saran yang membangun bisa menjadi salah satu bentuk dukungan atau tanda cinta dari pelanggan. Secara tidak langsung, kamu bisa melihat bentuk kepedulian dari pelanggan dengan masukan yang mereka berikan.

Memang tidak mudah untuk menerima kritikan. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti tips-tips dibawah ini agar kamu bisa memahami segala kritik serta saran dari pelanggan.

#4 Berpikir Positif

Saat pertama kali menerima kritik dan saran, jangan langsung gusar dan marah. Ada baiknya kamu tetap tenang dan menanamkan pemikiran yang positif. Berpikirlah bahwa kedua hal tersebut tidak menyangkut hal personal. Berpikirlah bahwa kedua hal tersebut bisa membantu bisnis kamu untuk menjadi lebih baik.

#5 Fokus Kepada Isi Kritikan

Pada saat menerima kritikan, penting bagi pebisnis untuk fokus terhadap isinya. Coba dengarkan dan pahami apa yang ingin pelanggan sampaikan. Jika kamu merasa bahwa apa yang disampaikan oleh pelanggan tidak jelas, kamu bisa bertanya kepada mereka.

#6 Menunjukan Empati

Kritik biasanya dilontarkan oleh pelanggan karena ada ketidaknyamanan yang mereka dapatkan dari bisnis kamu. Saat pelanggan memberikan masukan, kamu bisa menunjukkan gesture empati dengan berkomunikasi dengan baik dan meminta maaf.

#7 Melakukan Aksi

Setelah menerima masukan dan kritikan ada baiknya kamu langsung memberikan solusi dengan segera. Karena sebenarnya, yang diinginkan oleh pelanggan adalah aksi kamu dalam menanggapi sebuah permasalahan.

#8 Memberikan Apresiasi

Setelah menerima kritik dan saran dari pelanggan, kamu bisa memberikan timbal balik berupa apresiasi ke mereka. Apresiasi ini bisa sekedar ucapan terima kasih, atau pemberian gift seperti voucher, kode kupon, dan lain-lain.




Tags : bisnis tips bisnis trik bisnis kritik dan saran kritik umkm bisnis umkm smartbisnis

Artikel terkait

Warna-Warni Keuntungan Dari Bisnis Ikan Cupang

Kenali 5 Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner


Contact Center : 1 500 250