Menjalankan Bisnis

Tips Mengelola Inventaris Bisnis



Dalam sebuah bisnis, hal terpenting adalah inventaris atau stock/ persediaan barang. Inventaris berfungsi untuk menjalankan operasional bisnis secara maksimal.

Meskipun terkesan hal yang mudah, mengelola inventaris bisnis memerlukan kemampuan dan pengetahuan yang benar. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengelola inventaris bisnis. Apa sajakah itu?

1. Optimalisasi Sistem Keamanan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan perlu dioptimalisasi secara maksimal karena ruangan ini merupakan tempat paling vital dalam penyimpanan barang inventaris. Diperlukan pemasangan keamanan yang baik seperti CCTV, alat pemadam kebakaran, alat pendeteksi api, dan lain sebagainya.

2. Penanggung Jawab Inventaris Yang Mumpuni

Setelah memiliki ruang penyimpanan yang optimal, tidak lupa bahwa inventaris bisnis juga memerlukan penanggung jawab yang mumpuni dan terpercaya. Pastikan orang yang dipilih mengerti dengan benar sistem pengelolaan inventaris tersebut. 

3. Rajin Memantau Persediaan Stok

Tugas seorang penanggung jawab inventaris adalah memantau dengan rutin persediaan stok. Sebagai pemilik bisnis, kamu harus menentukan batas minimal persediaan stok sehingga saat persediaan mulai menipis, kamu dengan sigap melakukan restocking.

4. Rutin Audit

Dalam pengelolaan inventaris bisnis, audit merupakan hal penting yang harus selalu diagendakan. Semakin rutin kegiatan audit yang diadakan oleh perusahaan, maka kesalahan kecil yang bisa berdampak pada usaha dapat lebih terminimalisir.

5. Manajemen Inventaris Secara Otomatis

Seiring perkembangan teknologi, manajemen inventaris bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan software. Dalam software ini, biasanya terdapat berbagai fitur yang dapat mengurangi kesalahan yang disebabkan oleh human error.

6. Sistem Kode Untuk Mempermudah

Untuk mempermudah kegiatan inventaris, kamu bisa menggunakan sistem pengkodean. Pengkodean ini bertujuan untuk mengklasifikasikan produk berdasarkan kelompok dan jenis. Kamu bisa memberikan huruf, warna, atau bahkan barcode untuk melakukan pengkodean.

7. Rutin Melakukan Training Pada Karyawan

Ketika melakukan pengelolaan inventaris, penanggung jawab urusan ini tidak cukup dilakukan oleh satu orang. Penting diadakan training secara berkala kepada beberapa karyawan yang bertanggung jawab pada inventaris bisnis agar pengelolaan ini terkontrol dengan baik.




Tags : Smartbisnis Inventaris Inventory Bisnis Tips Bisnis Tips Berbisnis

Artikel terkait

Meningkatkan Omzet Bisnis Dengan Strategi Kemitraan

Strategi Mengidentifikasi Pesaing Agar Bisnis Tetap Bersaing


Contact Center : 1 500 250