Mengembangkan Bisnis

Tips Mengembangkan Bisnis Menjadi Franchise



Franchise adalah salah satu model bisnis yang semakin menjamur di Indonesia. Franchise adalah cara berbisnis yang menghubungkan antara franchisor atau pemilik merek dan konsep bisnis dengan franchisee atau orang yang memperoleh merek dan konsep bisnis franchisor untuk melakukan kerjasama sesuai dengan kontrak.

Model bisnis ini menjadi booming karena franchisor bisa mendapatkan omset besar dengan modal yang sedikit. Hal ini bisa tercapai dengan mengembangkan sistem franchise sendiri.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu tiru untuk mengembangkan bisnis menjadi franchise.

Riset & Analisa

Lakukan riset dan analisa untuk mengetahui minat calon pelanggan. Informasi ini bisa berguna dalam membantu kamu menentukan langkah selanjutnya yang akan kamu tempuh guna mengembangkan bisnis franchise-mu.

Tujuan & Konsep Bisnis

Tujuan dan konsep bisnis berkaitan erat dengan target bisnis, rencana bisnis, dan citra yang ingin diberikan terhadap calon pelanggan. Keunikan dan penawaran konsep yang fresh dapat mempengaruhi tingginya awareness pelanggan terhadap produk kamu.

Bahkan, konsep kreatif seperti pemilihan gambar, penciptaan merek, penggunaan warna, hingga bentuk kemasan dapat berpengaruh dalam menarik minat pelanggan, lho!

Memahami Calon Franchisee

Cari tahu siapa calon franchisee bisnismu dengan melakukan pertemuan secara langsung dalam membahas kontrak kerjasama. Lakukan beberapa evaluasi terkait rekam jejak calon franchisee.

Sebelum membuat kesepakatan kerjasama, pastikan bahwa calon franchisee cocok dengan konsep dan tujuan bisnis serta memiliki kepercayaan dan reputasi yang baik.

Pembekalan Pelatihan

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam melakukan franchise adalah memberikan bekal pelatihan untuk para staf bisnis. Dengan memberikan bekal pelatihan, pelayanan dan kualitas bisnis akan selalu konsisten.

Rutin Evaluasi

Rutin melakukan evaluasi dan cek kontrol untuk selalu menjaga kualitas produk dan pelayanan. Tetapkan Standar Operasional Produk (SOP) untuk menjadi tolak ukur setiap cabang franchise agar konsistensi tetap berjalan.

Nah itu dia beberapa Tips Mengembangkan Bisnis Menjadi Franchise yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan bisnis kamu. 




Tags : Smartbisnis Bisnis Franchise Waralaba Bisnis Franchise

Artikel terkait

Dampak Corona, Begini Tips Beralih Ke Bisnis Online

Kenali Promosi Diskon dan Cara Menentukannya


Contact Center : 1 500 250