Mengembangkan Bisnis

UMKM Go Online 101: Sosial Media Atau Website



Berencana untuk mulai mengembangkan bisnis UMKM kamu secara digital atau online? Kamu pasti mengenal atau pernah mendengar beberapa platform digital seperti sosial media dan website. Lantas, apakah kedua platform ini cocok untuk bisnis UMKM yang baru ingin merambah ke dunia digital?

Sosial media dan website merupakan platform digital yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa memilih salah satu diantara keduanya atau kamu bisa menggunakan kedua platform ini secara beriringan untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, lho.

Mari kita bahas masing-masing kelebihan dan kekurangan dari kedua platform ini.

1. Sosial Media

Sosial media masih menjadi salah satu platform primadona untuk pebisnis yang masuk ke ranah digital. Sosial media merupakan platform gratis yang bisa diakses oleh siapapun, selain itu penggunaannya yang mudah juga menjadi salah satu alasan mengapa masih banyak pebisnis yang memanfaatkan platform ini.

Melalui sosial media, kamu juga bisa langsung berinteraksi dua arah dengan konsumen atau calon konsumen. Mereka dapat bertanya atau memberikan saran melalui platform ini.

Selain kelebihan dari sosial media tersebut, ada beberapa kekurangan dari platform ini. Sosial media merupakan platform dengan fitur, fungsi, dan kontrol yang terbatas. Sehingga, kamu membutuhkan sebuah platform tambahan yang mampu mengatasi kekurangan dari sosial media ini.

2. Website

Platform digital lain yang bisa kamu gunakan untuk menunjang aktivitas berbisnis kamu adalah website. Melalui website, kamu dapat membangun branding yang lebih optimal karena kamu dapat memberikan informasi seputar bisnis kamu secara lebih detail.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan fitur-fitur penjualan yang terintegrasi dengan baik sehingga pelanggan kamu dapat membeli produk kamu dengan lebih mudah dan cepat.

Di sisi lain, penggunaan platform website juga memiliki beberapa kekurangan. Tidak seperti sosial media, website merupakan platform digital yang tidak gratis dan terbilang sulit untuk dipelajari karena sifatnya yang terintegrasi dengan banyak fitur.

Meskipun kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun jika keduanya dikombinasikan tentu akan membuat bisnis online kamu semakin optimal.

Jadi, platform sosial media atau website yang kamu pilih, Sobiz? Atau justru keduanya?




Tags : Smartbisnis Internet Sooltan UMKM Sosial Media Website Strategi Tips Bisnis

Artikel terkait

Memanfaatkan TikTok Shop Untuk Berjualan

Success Story: Brand Fashion Lokal Gaet 2 Rekor Muri di Tengah Pandem


Contact Center : 1 500 250